Pemisalan Objek dalam OOP
Objek-objek
dalam dunia nyata, mempunyai 2 karakteristik khusus : Status dan Perilaku. Contohnya, sepeda punya status(jumlah gir,
jumlah pedal, dua buah ban) dan perilaku(mengerem, mempercepat, ubah gir).
Bahasa
yang berorientasi pada objek pun mempunyai karakteristik yang sama dengan
objek-objek di dunia nyata. Yaitu status
yang dalam bahasa pemrograman biasanya disimpan sebagai Variabel dan perilaku yang diimplementasikan sebagai Method.
Karakteristik OOP
1. Enkapsulasi(Pembungkusan)
Enkapsulasi adalah pelindung program dan data yang sedang
diolah. Enkapsulasi mendefinisikan
perilaku dan melindungi program dan data agar tidak diakses secara sembarangan
oleh program lain.
Dalam Java, asar enkapsulasi adalah class. Anda membuat suatu class yang menyatakan bahwa variable
atau method sebuah class tidak dapat
diakses oleh class lain dengan
menjadikan class tersebut private,
atau menjadikan class tersebut
protected – yaitu hanya bisa diakses oleh turunannya, atau menjadikan class tersebut public – yaitu bisa
diakses oleh sembarang class.
2. Inheritansi
Objek-objek yang
berada di sekitar kita adalah objek-objek yang saling terhubung secara
hirarkis. Misalnya :
|
![]() |
![]() |
Lingkaran dan Bujur Sangkar adalah turunan dari bentuk
2D dan Bentuk 2D adalah turunan dari Objek Gambar
Lingkaran dan Bujur Sangkar mewarisi(inherit)
sifat-sifat dari bentuk 2D, juga mewarisi sifat-sifat dari objek gambar
Lingkaran dan Bujur Sangkar dapat dikatakan subclass
dari bentuk 2D. Bentuk 3D adalah
superclass dari Bola dan Piramida, dan seterusnya.
3. Polimorfisme
Walaupun Lingkaran dan Bujur Sangkat sama-sama turunan dari
Bentuk 2D, tetapi cara menubah ukuran masing-masing berbeda, untuk lingkaran
anda harus merubah besar jari-jarinya, sedang untuk bujur sangkar anda harus
mengubah panjang sisinya.
Dalam Java implementasi, method suatu parent-class dapat
diubah oleh sub-class, hal ini dikenal dengan overriding method. Deklarasi method sama tetapi implementasi
atau definisinya berbeda(Method atau perilaku yang sama tapi
implementasinya/caranya yang berbeda-beda inilah yang disebut dengan Polimorfisme).
0 komentar on Pemrograman Berorientasi Obyek (OOP) :
Post a Comment and Don't Spam!